contact
Test Drive Blog
twitter
rss feed
blog entries
log in

Senin, 30 April 2012

           Bagi sobat yang berencana ingin membuat Blog ada baiknya membuat akun Gmail dulu. Karena Gmail Salah satu layanan Email dari produk Google, dimana alamat Email ini nantinya akan digunakan sebagai nama User Name kita pada waktu login ke Blogger. Percayalah akun Gmail banyak manfaatnya buat kita. Kita akan punya email berkapasitas lebih dari 6 Giga Byte dan akan terus bertambah sehingga kita tidak perlu menghapus email dari kotak surat kita. Kita juga dapat menggunakan akun Gmail untuk chatting melalui GTalk alias Google Talk, software chatting milik Google. Kita juga bisa membackup data/file secara online dengan memanfaatkan Gmail.
             Adapun langkah-langkah mendaftarkan ke Gmail adalah sebagai berikut:
Pertama yang kita lakukan adalah hidupkan laptop/komputernya dulu baru buka koneksi internetnya lalu menjalankan web Browser, terserah selera sobat mau pakai Google Chrome, Mozilla Firefox, Internet Explorer dll. disini kita menggunakan browser Firefox sebagai web Client-nya. Setelah itu pada Address Bar ketikan/klik link ini http://www.gmail.com jangan lupa tekan enter. 

            Kedua Klik Sign Up ke Gmail > Lalu isi formulir yang ada, agar mempermudah saya beri contoh untuk pengisiannya sebagai berikut:
Contoh masukan data:
Nama Depan : Isikan nama pertama kita
Nama Belakang: Isikan nama belakang kita
Nama Login Yang Diinginkan: Ini merupakan nama email kita nantinya
Pilih sebuah sandi: masukan password / kata kunci minimal 8 karakter
Masukkan lagi: Masukan lagi password yang sama seperti diatas
Pertanyaan Rahasia: Pilih pertanyaan yang ada (ini diperlukan jika kita lupa password kita)
Jawaban: masukan jawaban (harus diingat jawaban ini bila perlu dicatat)
Email sekunder: tidak harus diisi tetapi jika kita punya alamat email yang lain kita dapat memasukannya.
Lokasi: Lokasi anda berada sekarang
Verifikasi Kata: masukan angka atau huruf sesuai dengan gambar dibawahnya (Gambar tersebut agak terlihat aneh dan abstrak)

Jika sudah memasukan data diatas klik Tombol “Saya Menerima. Buat account saya” sampai disini tahapan pembuatan email selesai.
Jika tidak ada kesalahan maka proses pembuatan email kita berhasil. Catat alamat Email serta Password anda ditempat yang aman.
       Sekedar tips pertama: ada baiknya untuk menjadikan password/sandi Gmail kuat/strong ada baiknya kombinasikan antara huruf dengan angka misalnya 5ukasukasuka. Kedua: usahakan nama email dan password/sandi mudah diingat sobat tapi sulit ditebak orang lain untuk menjaga kerahasiaan sandinya.
Selamat anda telah memiliki alamat email dari layanan Gmail dan siap untuk langkah selanjutnya yaitu pembuatan blog.
Catatan:
1. terkadang tulisan sign up digantikan dengan tulisan create account, keduanya sama artinya jadi sobat tak perlu ragu untuk mengklik pilihan tersebut.
2. Selesai mendaftar / mengisi formulir google maka akan ada permintaan google untuk memberikan nomor telpon sobat untuk memberikan kode verifikasi lewat sms ke hp sobat untuk pengaktifan gmail sobat, jangan kuatir nomer hp kita dijamin kerahasiaanya oleh google.

0

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

MY MUSIK

>

Mengenai Saya

TIME

My Yahoo Status

Site Meter

Followers

DAFTAR ISI